Sabtu, 27 September 2014

saluran distribusi


The American Marketing Association mendefinisikan saluran distribusi sebagai “organisasi jaringan kerja yang terdiri dari agensi dan lembaga yang, bersama-sama melakukan semua kegiatan yang diperlukan untuk menghubungkan produsen dengan pemakai untuk menyelesaikan tugas pemasaran.” Distribusi adalah aliran bara   ng secara fisik melewati saluran; seperti dinyatakan dalam definisi. Saluran terdiri dari kelompok individu atau perusahaan yang dikoordinasikan yang melaksanakan fungsi kegunaan tambahan atas produk atau jasa. Tipe utama dari kegunaan saluran adalah tempat (ketersediaan produk atau jasa di suatu lokasi yang nyaman bagi pelanggan potensial); waktu (ketersediaan produk atau jasa saat diinginkan oleh seorang pelanggan); bentuk (produk dip roses, disiapkan dan siap dimanfaatkan, serta dalam kondisi yang tepat); dan informasi (jawaban atas pertanyaan dan komunikasi umum mengenai sifat-sifat produk yang berguna serta manfaat yang tersedia). Karena kegunaan ini dapat menjadi sumber dasar dari keunggulan kompetitif dan nilai prooduk, strategi memilih saluran merupakan salah satu keputusan kebijakan kumci yang harus dibuat oleh manajemen pemasaran.
Saluran distribusi di pasar di seluruh dunia adalah salah satu aspek yang paling banyak berbeda dari system pemasaran nasional. Karena alasan ini, strategi saluran merupakan salah satu komponen paling menantang dan paling sulit dari programpemasaran internasional. Perusahaan yang kecil sering kali terhalang oleh kemampuan mereka mendirikan saluran efektif. Dalam perusahaan multinasional besar yang beroperasi via anak perusahaan di berbagai negara, strategi saluran merupakan unsur bauran pemasaran yang paling sedikit diketahui oleh kantor pusat. Sampai batas tertentu, saluran merupakan aspek program pemasaran yang dipimpin secara lokal lewat kebijaksanaan dari kelompok manajemen pemasaran di Negara tersebut. Walaupun begitu, manajer harus bertanggung jawab untuk program pemasaran dunia untuk memahami sifat saluran distribusi internasional. Distribusi merupakan bagian tak terpisahkan  dari program pemasaran total dan harus sesuai dengan aspek rancangan, harga, dan komunikasi produk program pemasaran total. Alasan penting yang lain untuk menempatkan keputusan saluran pada agenda manajer pemasaran internasional adalah jumlah dan sifat hubungan yang harus dikelola. Keputusan saluran melibatkan komitmen legal jangka panjang dan kewajiban kepada perusahaan dan individual lain. Komitmen seperti itu sering kali amat mahal untuk dihentikan atau di ubah. Bahkan dalam hal tidak ada kewajiban legal, komitmen mungkin di dukung dengan saling percaya dan rasa wajib, yang sama sulitnya untuk dikelola dan berat  untuk menyesuaikannya.
Dari sudut pandang pemasar yang memikirkan program di suatu Negara, pengaturan saluran internasional merupakan sumber informasi berharga dan pemahaman mengenai kemungkinan pendekatan baru bagi strategisaluran yang lebih efektif. Misalnya, penetapan harga diskon swalayan di Amerika Serikat dipelajari oleh pedagang pengecer dari Eropa dan Asia yang kemudian memperkenalkankonsep swalayan di Negara mereka masing-masing. Pemerintah dan eksekutif bisnis di seluruh dunia meneliti perusahaan perdagangan Jepang dengan minat yang tinggi untuk belajar dari sukses yang mereka capai.
Keegan, Warren J. 1996. Manajemen Pemasaran Global. Jakarta: Prenhallindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar